Informasi dan Syarat Pendaftaran PMB Sekolah Pascasarjana IKJ

Calon mahasiswa Sekolah Pascasarjana harus memenuhi persyaratan sebagai  berikut:

I. Persyaratan Administrasi

1.    Mengunggah fotokopi ijazah dan transkrip akademik S-1 (atau setara) yang telah dilegalisasi (2 rangkap).

2.    Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 1.000.000.

3.    Mengunggah Pasfoto terbaru berwarna  3 x 4.

4.    Mengunggah e-KTP.

5.    Mengunggah Sertifikat TOEFL (dengan nilai minimum 450).

6.    Menandatangani surat kesanggupan membayar biaya kuliah (bermeterai Rp. 10.000) dan kesanggupan untuk mengikuti kuliah sesuai ketentuan dan tata tertib yang                   berlaku.

7.    Untuk calon mahasiswa yang berasal dari sekolah internasional, surat penyertaan ijazah yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional .

 

II. Persyaratan Akademik

1.    Menyerahkan usulan proposal riset tugas akhir yang mencakup minat calon mahasiswa sesuai rencana tugas akhir yang akan dibuat berdasarkan peminatan yang                    dipilih.Proposal ditulis sepanjang minimal 2000 kata.

2.    Menyerahkan contoh karya (peminatan penciptaan) atau tulisan (peminatan pengkajian) hasil penelitian dua tahun terakhir.

 

Tanggal Penting

Pendaftaran Mahasiswa Baru

  • Pendaftaran Gelombang I: 24 Januari – 21 April 2022
  • Pendaftaran Gelombang II: 22April – 31Mei 2022
  • Pendaftaran Gelombang III: 1 Juni – 22Juli 2022

Ujian Masuk

  • Gelombang I: 27 April 2022
  • Gelombang II: 8 Juni 2022
  • Gelombang III: 27 Juli 2022

Pengumuman Hasil Ujian

  • Pengumuman Hasil Ujian Gelombang I : 4 Mei 2022
  • Pengumuman Hasil Ujian Gelombang II : 13 Juni 2022
  • Pengumuman Hasil Ujian Gelombang III : 1 Agustus 2022

Pendaftaran Ulang

  • Pendaftaran Ulang Gelombang I : 5 Mei 2022
  • Pendaftaran Ulang Gelombang II : 24 Juni 2022
  • Pendaftaran Ulang Gelombang III : 10 Agustus 2022

 

Biaya Pendidikan

 

Biaya Formulir Pendaftaran

Rp 1.000.000

Uang Pangkal (dibayar 1 kali ketika pendafttaran ulang)

Rp 6.500.000

Uang Kuliah (Semester Gasal & Genap 2022/2023)

Rp 13.000.000/semester

 

Seleksi Penerimaan

Seleksi dilakukan Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru, yang terdiri atas Ketua Program Studi, Direktur, serta beberapa Dosen Tetap.

Seleksi dilakukan berdasarkan:

  1. Ujian Wawancara.
  2. Kelengkapan persyaratan-persyaratan administrasi.

Seleksi calon mahasiswa dilakukan sesuai dengan waktu yang dijadwalkan. Hasil seleksi dilaporkan kepada Direktur Program Pascasarjana yang mencakup nama-nama yang diterima maupun yang tidak diterima. Pengumuman hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru Pascasarjana IKJ dilakukan secara tertulis melalui surat elektronik.

Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru

Mahasiswa baru yang lulus seleksi penerimaan diwajibkan mendaftar sesuai jadwal. Mahasiswa yang tidak melakukan pendaftaran ulang sampai batas waktu yang ditentukan dianggap mengundurkan diri. Ketika mendaftar membawa/mengirimkan bukti sebagai berikut:

  1. Surat Keputusan Diterima (SKD) yang dikirim lewat surat elektronik (dicetak).
  2. Sudah melunasi kewajiban keuangan (Uang Pangkal dan Biaya Kuliah).

Tutorial alur pendaftaran mahasiswa baru online bisa di klik di sini:

Video Alur PMB

 

Syarat Pendaftaran PMB untuk Mahasiswa Asing

Pelayanan izin belajar bagi mahasiswa asing telah disediakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Persyaratan dan dokumen terkait dengan izin belajar untuk mahasiswa asing bisa dibuka di tautan di bawah ini:

https://izinbelajar.kemdikbud.go.id/

 

 

Info selengkapnya bisa dilihat di: www.pascasarjanaikj.ac.id

Pertanyaan tentang PMB Sekolah Pascasarjana IKJ bisa kirim email ke: infopasca@ikj.ac.id atau WhatsApp di no. 0878-1112-4700 (jam kerja).

11 Januari 2022, 12:49:49