S1 Desain Komunikasi Visual

Merupakan bidang ilmu desain yang mempelajari teknik merencana sebuah media komunikasi dengan menggunakan elemen dan aspek visual yang dapat didukung atau terintegrasi dengan suara, gerak atau bersifat interaktif, dengan tujuan menjadi alat penyampai informasi serta persuasi yang efektif dan efisien. Desain Komunikasi visual (DKV) FSRD IKJ mengembangkan pendidikan yang merespon perkembangan teknologi dan seni budaya urban terkini. Ada tiga peminatan yang dapat dipilih oleh mahasiswa DKV FSRD IKJ :

 

  • Peminatan Visual Narrative

Pengkhususan dari keilmuan yang berfokus pada studi ilustrasi (gambar) dengan tuturan (naratif), untuk diterapkan dalam berbagai media baik konvensional maupun digital, seperti komik, concept art, picture book, storyboard, konsep serta aset visual game dan pekerjaan sejenis.  Mahasiswa peminatan Visual Narrative diarahkan untuk menciptakan dan mengembangkan Kekayaan Intelektual (IP) Pribadi dan menjadi seorang profesional di bidang terkait Narasi Visual.

 

  • Peminatan Motion Design & Digital Animation

Memberikan kemampuan kepada mahasiswa/i-nya keahlian di bidang desain gerak dan animasi digital melalui penguasaan prinsip-prinsip perencanaan desain komunikasi visual, manajemen proses penciptaan mulai tahap praproduksi, produksi hingga pascaproduksi, penciptaan elemen-elemen visual konten animasi khususnya desain visual karakter melalui proses konseptualisasi hingga perwujudannya sebagai sebuah aset digital baik untuk kebutuhan animasi durasi panjang maupun animasi durasi pendek.

 

  • Peminatan Graphic Design & Interactive

Mempersiapkan mahasiswa sebagai pencipta dan pengkaji yang peka terhadap lingkungan dan perkembangan seni budaya urban baik lokal maupun global untuk berpikir kritis, menuangkannya dalam konsep komunikasi dan menciptakan solusi visual seperti identitas, publikasi-penerbitan, kampanye, iklan, pengarah jalan dan informasi untuk kemudian diaplikasikan pada media cetak maupun platform digital. Mahasiswa dilatih dengan menggunakan perangkat elemen-elemen grafis, tipografi, ilustrasi, fotografi dengan mengikuti perkembangan tren dan teknologi terkini.

Visi

Menjadi pusat pendidikan Desain Komunikasi Visual yang berbasis teknologi digital dan berakar pada nilai-nilai lokal, keurbanan, berwawasan global serta memiliki semangat kolaborasi lintas disiplin pada tahun 2031.

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bagi peserta didik untuk mencapai kompetensi akademis dan keterampilan profesional dalam bidang Desain Komunikasi Visual, sebagai pencipta dan pengkaji yang peka terhadap lingkungan dan perkembangan seni budaya urban baik lokal maupun global.
  2. Melakukan penelitian guna pengembangan bidang ilmu Desain Komunikasi Visual yang terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia yang dilandasi oleh perkembangan teknologi komunikasi dan berkarakter pada budaya urban Indonesia.
  3. Melakukan pengabdian masyarakat bidang ilmu Desain Komunikasi Visual yang terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia.
Alamat Website www.senirupaikj.ac.id
Butuh Bantuan? Hubungi Kami!