S1 Televisi dan Film

Program Studi Film dan Televisi S.1 bertujuan untuk menghasilkan tenaga kreatif dan konseptor dengan bekal teori film, televisi dan fotografi. Di dalam kurikulumnya, jenjang ini dirancang dengan perpaduan antara keilmuan yang bersifat teoritis, konseptual, dan dengan didukung oleh keilmuan yang bersifat teknis. Lulusan dari Program Studi ini akan memiliki kompetensi dalam merancang karya film, televisi, dan fotografi, berdasarkan landasan keilmuan teoritis maupun teknis.

MATERI PERKULIAHAN
Pada program studi ini, Mahasiswa akan diajarkan tentang teori dan konsep kreatif bidang ilmu film, televisi dan fotografi, serta didukung oleh pengetahuan teknik dalam produksi film, televisi, dan fotografi. Beberapa mata kuliah yang diajarkan diantaranya:
● Dasar Seni Film,
● Sejarah film dunia,
● Genre Film,
● Naratologi,
● Teori Imaji dan suara Film,
● Teori Kepenontonan,
● Teori Film Klasik,
● Fotografi dasar,
● Penyutradaraan dan Pengantar Bahasa visual,
● Skenario dan Dramaturgi,
● Manajemen Produksi Film dan Televisi,
● Kamera dan Tekonologi Visual,
● Konsep Editing,
● Suara dan Tekonologi Audio,
● Tata Artistik dan Konsep Mise en Scene,
● Sejarah dan Teori Dokumenter,
● Film Animasi,
● Praktika Terpadu,
● dan lain-lain.

Jangka waktu studi adalah 8 semester atau maksimal 14 semester. Beban studi Jenjang S-1 adalah 144 SKS.

Dosen:
Dr. Seno Gumira Ajidarma, S.Sn., M.Hum., Dr. RB. Armantono, M.Sn., Dr. Gerzon R. Ajawaila, M.Sn., Suzen H.R. Tobing, S.Sn., M.Hum., Mohammad Rivai Riza, MA., Arda Muhlisiun, M.Sn Suryana Paramita, M.Sn., Danu Murti, M.Sn., Iwan Darmawan, M.Sn., Drs. M. Aziz, M.M., Drs. Yayat, M.Sn., Hendry Gunawan, M.Sn., Kusen Dony Hermasyah, M.Sn., Rina Yanti Harahap, M.Sn., Subagjo Budisantoso, M.Sn., Ario Sasongko, S.Sn., M.Hum., Putri Sarah Amelia, M.Sn., Yohannes Yoga, M.Sn., M. Ariansah, M.Sn., Budi Wibawa, M.Sn.

 
Visi

Menjadi program studi bidang seni film, televisi, fotografi dan media digital yang berkualitas melalui pendidikan berbasis teori dalam pengkajian dan penciptaan karya, dengan orientasi seni urban dan industri budaya.

Misi

1) Menerapkan studi pengkajian atas film, televisi, fotografi dan media digital.
2) Menyelenggarakan pendidikan seni film, televisi, fotografi dan media digital yang berorientasi pada penerapan teori dan praktek.
3) Menghasilkan sarjana seni film, televisi, fotografi dan media digital yang memiliki wawasan seni urban dan industri budaya.
4) Melaksanakan evaluasi, revisi dan revitalisasi serta mengembangkan kurikulum berdasarkan aspek teori disiplin ilmu film, kajian media, produksi penciptaan film, program televisi, fotografi dan media digital.

Alamat Website http://fftv.ikj.ac.id/