Informasi Persyaratan

Silahkan pilih informasi persyaratan dari fakultas di bawah ini :

Berikut ini adalah informasi persyaratan Film dan Televisi

A. MAHASISWA BARU (REGULER S.1 DAN D-III)

  • SYARAT PENDAFTARAN YANG HARUS DI UPLOAD KETIKA DAFTAR ONLINE:
  1. Ijazah SLTA/sederajat yang dilegalisir. Catatan: a) Bagi Siswa yang ijazahnya belum keluar dapat meng upload hasil Kelululusan Ujian Nasional atau Surat Keterangan Lulus dari Sekolah Asal, b) Bagi Siswa yang masih duduk dikelas 12 dapat meng upload Surat Keterangan dari sekolah yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan merupakan siswa disekolah tersebut)
  2. Pas foto berwarna ukuran 3x4 (Background Foto Warna Merah)
  3. Akte Kelahiran
  4. Kartu Keluarga
  5. Bukti Bayar Biaya Formulir (Bukti Transfer atau Slip Setoran Tunai)

 

  • SYARAT PENDAFTARAN YANG HARUS DISERAHKAN KE BAGIAN PENDAFTARAN (AKADEMIK FFTV-IKJ PALING LAMBAT 2 HARI SEBELUM PELAKSANAAN UJIAN PMB):
  1. Menyerahkan photo copy Ijazah SLTA/sederajat dan daftar nilai masing-masing rangkap 2 (dua) yang  telah dilegalisir oleh sekolah. Catatan : a) Bagi Siswa yang ijazahnya belum keluar dapat menyerahkan hasil Kelululusan Ujian Nasional atau Surat Keterangan Lulus dari Sekolah Asal, b) Bagi Siswa yang masih duduk dikelas 12 bisa menyerahkan Surat Keterangan dari sekolah yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan merupakan siswa disekolah tersebut)
  2. Menyerahkan Pas foto berwarna ukuran 3x4 = 3 lembar, ukuran 2x3 = 3 lembar (Background Foto Warna Merah)
  3. Menyerahkan SKCK dari pihak Kepolisian (asli dan photo copy sebanyak 1 lembar).
  4. Menyerahkan Surat keterangan berbadan sehat dari RSUD.
  5. Menyerahkan Surat keterangan bebas Narkotika dari BNN/RSKO Jakarta/RS. Fatmawati. Bagi calon mahasiswa luar Jabodetabek dapat melakukan pemeriksaan di BNND atau RSUD setempat.
  6. Menyerahkan photo copy KTP orang tua/wali (ayah/ibu) masing-masing 1 lembar.
  7. Menyerahkan photo copy Kartu Keluarga sebanyak 2 lembar.
  8. Menyerahkan photo copy Akte Kelahiran sebanyak 2 lembar.
  9. Menyerahkan Photo copy nilai Raport dari kelas 10-12.
  10. Menyerahkan surat pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- dari orang tua/wali mengenai kesanggupan membayar biaya kuliah. Unduh Form Disini Untuk Fakultas FFTV
  11. Menyerahkan surat pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- mengenai kesediaan menerima sanksi drop out apabila terbukti menggunakan Narkoba. Unduh Form Disini Untuk Fakultas FFTV

Catatan:

Peserta diwajibkan membawa KARYA, bisa dalam bentuk :

  1. Karya Film berupa : Flash Disk/DVD/VCD
  2. Karya Tulis berupa : Naskah Skenario, Cerpen, Buku/Novel, Tulisan disurat kabar. dll.
  3. Karya foto dicetak ukuran 10R minimal 3 foto (objek berbeda)

 

B. MAHASISWA PEMUTIHAN (INTERNAL FFTV S.1 DAN D-III)

  • SYARAT PENDAFTARAN YANG HARUS DI UPLOAD KETIKA DAFTAR ONLINE:
  1. Transkrip nilai terakhir
  2. Pas foto berwarna ukuran 3x4 (Background Foto Warna Merah)
  3. Akte Kelahiran
  4. Kartu Keluarga
  5. Bukti Bayar Biaya Formulir (Bukti Transfer atau Slip Setoran Tunai) 

 

  • SYARAT PENDAFTARAN YANG HARUS DISERAHKAN KE BAGIAN PENDAFTARAN (AKADEMIK FFTV-IKJ)
  1. Pas foto berwarna ukuran 3x4 = 3 lembar, ukuran 2x3 = 3 lemba (Background Foto Warna Merah).
  2. Photo copy KTP orang tua/wali (ayah/ibu) masing-masing 1 lembar.
  3. Menyerahkan photo copy Kartu Keluarga sebanyak 2 lembar.
  4. Menyerahkan photo copy Akte Kelahiran sebanyak 2 lembar.
  5. Menyerahkan Surat keterangan bebas Narkotika dari BNN/RSKO Jakarta/RS. Fatmawati. Bagi calon mahasiswa luar Jabodetabek dapat melakukan pemeriksaan di BNND atau RSUD setempat.
  6. Menyerahkan surat pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- dari orang tua/wali mengenai kesanggupan membayar biaya kuliah. Unduh Form Disini Untuk Fakultas FFTV
  7. Menyerahkan surat pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- mengenai kesediaan menerima sanksi drop out apabila terbukti menggunakan Narkoba. Unduh Form Disini Untuk Fakultas FFTV

 

 

C. MAHASISWA ALIH JENJANG (D-III Lanjut S.1, Internal FFTV-IKJ dan Eksternal FFTV-IKJ)

  •  SYARAT PENDAFTARAN YANG HARUS DI UPLOAD KETIKA DAFTAR ONLINE:
  1. Ijazah D-III Perguruan Tinggi Asal
  2. Transkrip nilai D-III (Transkrip yang ada kode Mata Kuliah asal)
  3. Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi Asal (Akreditasi Minimal B)
  4. Pas foto berwarna ukuran 3x4 (Background Foto Warna Merah)
  5. Akte Kelahiran
  6. Kartu Keluarga
  7. Bukti Bayar Biaya Formulir (Bukti Transfer atau Slip Setoran Tunai) 

 

  • SYARAT PENDAFTARAN YANG HARUS DISERAHKAN KE BAGIAN PENDAFTARAN (AKADEMIK FFTV-IKJ PALING LAMBAT 2 HARI SEBELUM PELAKSANAAN UJIAN PMB):
  1. Transkrip nilai D-III (Transkrip yang ada kode Mata Kuliah asal), dilegalisir/cap basah.
  2. Pas foto berwarna ukuran 3x4 = 3 lembar, ukuran 2x3 = 3 lemba (Background Foto Warna Merah).
  3. SKCK dari pihak Kepolisian (asli dan photo copy sebanyak 1 lembar).
  4. Surat keterangan berbadan sehat dari RSUD (Asli).
  5. Menyerahkan Surat keterangan bebas Narkotika dari BNN/RSKO Jakarta/RS. Fatmawati. Bagi calon mahasiswa luar Jabodetabek dapat melakukan pemeriksaan di BNND atau RSUD setempat.
  6. Photo copy KTP orang tua/wali (ayah/ibu) masing-masing 1 lembar.
  7. Akreditasi minimal B, dengan melampirkan Surat keterangan atau foto copy sertifikat nilai Akreditasi dari BAN PT.
  8. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2.75.
  9. Menyerahkan photo copy Kartu Keluarga sebanyak 2 lembar.
  10. Menyerahkan photo copy Akte Kelahiran sebanyak 2 lembar.
  11. Menyerahkan surat pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- dari orang tua/wali mengenai kesanggupan membayar biaya kuliah. Unduh Form Disini Untuk Fakultas FFTV
  12. Menyerahkan surat pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- mengenai kesediaan menerima sanksi drop out apabila terbukti menggunakan Narkoba. Unduh Form Disini Untuk Fakultas FFTV

Catatan:

Peserta diwajibkan membawa KARYA, bisa dalam bentuk :

  1. Karya Film berupa : Flash Disk/DVD/VCD
  2. Karya Tulis berupa : Naskah Skenario, Cerpen, Buku/Novel, Tulisan disurat kabar. dll.
  3. Karya foto dicetak ukuran 10R minimal 3 foto (objek berbeda)

 

Berikut ini adalah informasi persyaratan Seni Pertunjukan

SYARAT PENDAFTARAN :

  1. Berijasah SMU/Sederajat
  2. Transkrip Nilai yang telah dilegalisir
  3. Pas Photo ukuran 3x4
  4. SKCK dari POLRI
  5. Surat Keterangan sehat dari dokter
  6. Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit
  7. Kartu Keluarga
  8. Akta Lahir

 

PEDOMAN PROGRAM STUDI TEATER

Tes kemampuan bagi calon mahasiswa baru Prodi Teater adalah tes kemampuan/bakat di bidang Pemeranan/acting dan pengetahuan tentang Teater.

  1. Setiap calon mahasiswa wajib memainkan dialog (berpasangan) dari nukilan naskah yang disediakan, yaitu :
  2. Calon mahasiswa akan diuji (wawancara) kemampuan wawasan tentang seni khususnya Teater.
  3. Calon mahasiswa mengikuti ujian tes tertulis

Calon mahasiswa wajib menghafal dan mempelajari nukilan naskah yang akan dibawakan.

Calon mahasiswa dapat melampirkan sertifikat penghargaan/pemenang Festival Teater/Monolog saat melengkapi data pribadi.


PEDOMAN PROGRAM STUDI MUSIK

Pada saat mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa Program Studi Musik – IKJ, setiap calon mahasiswa harus memilih satu Mayor (Matakuliah Pokok/Peminatan Utama) yang akan ditempuh.

Program Studi Musik Jenjang S1 dapat ditempuh dalam masa studi 4 – 7 tahun (8 – 14 semester) dengan rincian :

  • Masa kuliah                                       : 8 – 10 Semester
  • Cuti Kuliah                                         :        2 Semester
  • Penyusunan Skripsi/Karya Akhir      :        2 Semester

Program Studi Musik S1 terdiri dari tiga Capaian Pembelajaran:

  • Penyaji Musik

Pada Capaian Pembelajaran ini calon mahasiswa dapat memilih sebagai Penyaji Instrumen atau Penyaji Vokal.  Instrumen        yang dapat dipilih yaitu: Flute, Klarinet, Terompet, Trombone, Saxophone, Horn, Biola, Biola Alto, Cello, Kontra Bass, piano, Gitar Klasik, Gitar Elektrik, dan Perkusi

  • Pencipta Karya

Pada Capaian Pembelajaran ini calon mahasiswa dapat memilih sebagai Pencipta Karya yang berbasis Musik Klasik Barat, atau Pencipta Karya yang sifatnya Musik Kreatif berbasis Teknologi dengan aplikasi software. (Musik Elektronik)

  • Peneliti & Pengkaji

Pada Capaian Pembelajaran ini calon mahasiswa dipersiapkan untuk menjadi Peneliti & Pengkaji bidang keilmuan Musik secara khusus.

TES PENERIMAAN MAHASISWA BARU PRODI MUSIK – S1

1. Wawancara

Dalam wawancara, para dosen yang tergabung dalam panitia penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2018/2019 akan melakukan wawancara dengan calon mahasiswa baru dengan tujuan sebagai berikut :

  • Mengetahui sejauh mana kesungguhan dan tekad dari calon mahasiswa baru untuk kuliah di Prodi Musik FSP – IKJ
  • Mengetahui bahwa calon mahasiswa bersangkutan tidak dalam kondisi terpaksa untuk kuliah di Prodi Musik dan tidak memiliki hambatan dalam berkomunikasi.

2. Tes Kemampuan Dasar Musik

  • Mengukur kemampuan musikalitas dari calon mahasiswa baru dengan rambu-rambu bahwa yang bersangkutan tidak tuli dalam mendengar nada.
  • Mampu membedakan/mengidentifikasi perbedaan tinggi rendahnya nada.

3. Tes Kemampuan Capaian Pembelajaran

  • Pada saat tes Capaian Pembelajaran sebagai Penyaji Musik, setiap calon harus memainkan karya musik yang terbaik yang dikuasai.
  • Karya musik yang akan dimainkan tidak terbatas pada satu jenis/aliran musik saja, tetapi bebas dari jenis/aliran musik apapun bahkan dapat memainkan karya ciptaan sendiri.
  • Calon mahasiswa yang memilih sebagai Penyaji Musik pada saat tes harus membawa alat musiknya sendiri, kecuali instrumen Piano dan Kontra Bass.
  • Calon mahasiswa yang memilih sebagai Pencipta Karya harus menyiapkan satu atau lebih karya musik yang akan diperdengarkan/dimainkan (difotocopy sebanyak 5 kali untuk panitia, boleh dengan tulisan tangan atau program Sibelius, Finale, dan lainnya). Karya Cipta yang dipresentasikan bersifat bebas (boleh improvisasi dengan eksplorasi semaksimal mungkin) tidak dibatasi oleh satu jenis/aliran musik saja.
  • Calon mahasiswa yang masih belum dapat menentukan capaian pembelajarannya dapat berkonsultasi pada saat tes penerimaan dilaksanakan.

 

PEDOMAN PROGRAM STUDI TARI

Dalam Tahun Akademik 2018/2019  Program Studi Tari Jenjang S1 menerima mahasiswa baru dengan lama pendidikan / masa studi 4 – 7 tahun (8 – 14 semester) :

  • Masa Kuliah                                       : 8 – 10 semester
  • Cuti Kuliah                                         :        2 semester
  • Penyusunan Karya Akhir/Skripsi       :        2 semester

TES MASUK PROGRAM STUDI TARI JENJANG STRATA SATU (S1)

  1. Tes Peragaan Tari

Penilaian kemampuan calon mahasiswa baru dalam menarikan suatu tarian secara utuh, tradisi atau non tradisi yang dipilih sendiri oleh calon mahasiswa. Tidak perlu memakai kostum tari namun memakai pakaian latihan. Calon mahasiswa membawa sendiri musik pengiring tari berupa kaset atau CD (Compact Disc)

  • Tes Fisik

Penilaian kemampuan tubuh calon mahasiswa dalam melakukan berbagai macam gerakan tubuh.

  • Wawancara

Penilaian wawancara tentang wawasan kesenian dan motivasi dari calon mahasiswa.

  • Tertulis

Tentang motivasi mahasiswa masuk ke Prodi Tari

 Catatan :

  • Peminatan Koreografi dan Antropologi Tari akan diarahkan setelah semester II perkuliahan
  • Peminatan Koreografi penekanannya pada kemampuan memahami dan menciptakan karya tari yang kreatif sebagai seni pertunjukan
  • Peminatan Antropologi  penekanannya pada kemampuan sebagai Kritikus Tari, Penulis Artikel Tari, Peneliti Tari, dan Manajemen Seni Pertunjukan.
  • Hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan pada Ketua Program Studi Tari FSP – IKJ

 

PEDOMAN PROGRAM STUDI ETNOMUSIKOLOGI

Dalam Tahun Akademik 2018/2019, Program Studi Etnomusikologi Jenjang S1 menerima mahasiswa baru dengan lama pendidikan / masa studi 4 – 7 tahun (8-14 semester):

  • Masa Kuliah                                       : 8 – 10 semester
  • Cuti Kuliah                                         :        2 semester
  • Penyusunan Karya Akhir/Skripsi       :        2 semester

Program studi mempelajari aspek sosial dan budaya terhadap musik dalam konteks dan sebagai budaya local dan global, dalam rangka menghasilkan Sarjana Etnomusikologi yang mampu meneliti, menganalisis, merekam fenomena perilaku bermusik, dan mempraktikkan musik secara mendalam dan sistematis.

Materi Studi :

Mendapat pengetahuan tentang Dasar Teori Musik Barat, Teori dan Metode Etnomusikologi, Musik Dunia, Musik Nusantara, Praktek Musik Nusantara / Dunia, Organologi dan Akustika, dan Metodologi Penelitian Lapangan Etnomusikologi. Dengan menguasai materi tersebut mahasiswa dapat menguasai ilmu etnomusikologi dan menyajikan tulisan hasil penelitian dengan cara yang sistematis.

Lapangan Kerja :

Sarjana Etnomusikologi memiliki peluang kerja yang luas dan beragam. Diantaranya : sebagai Dosen, Guru, Pegawai Negeri di Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Pariwisata Luar Negeri /  Dalam Negeri, Sosial, Perpustakaan, Pertahanan dan Keamanan (bidang musik), peneliti, pengkaji, penulis, konsultan budaya, kritikus, dan contributor dalam media massa (radio, tv, media cetak) khususnya dalam aspek sosial dan budaya musik.

(Etnomusikolog, Pelaku Kesenian (Komposer, Arranger, Musisi), Transkriptor, Deskriptor, Fotografer, Audiomen, Kameramen, Analisis Musik Nusantara, Editor Multimedia, Produser, Jurnalis Seni Pertunjukan, Pamong Budaya, Pengajar Kesenian, Event Organizer)

Berikut ini adalah informasi persyaratan Seni Rupa

Persyaratan Pendaftaran Mahasiswa Baru Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta

  • Mengikuti test tertulis dan praktek
  • Berijazah SMU/sederajat
  • 1 lembar fotokopi ijazah yang dilegalisir (bisa disusulkan jika belum keluar dari sekolah asal)
  • 1 lembar fotokopi Kartu Keluarga
  • 1 lembar fotokopi Akte Lahir
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Surat keterangan tidak buta warna (Parsial atau Total) dari dokter spesialis mata
  • Surat bebas NAZA (narkotika dan zat adiktif lainnya) dari Puskesmas/RS Swasta/RS Pemerintah 
  • Surat penyetaraan ijazah yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS) Republik Indonesia bagi calon mahasiswa yang berasal dari sekolah internasional
  • Surat pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- dari orang tua/wali mengenai kesanggupan membayar biaya kuliah. Unduh Form Disini Untuk Fakultas Seni Rupa
  • Surat pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- mengenai kesediaan menerima sanksi drop out apabila terbukti menggunakan Narkoba. Unduh Form Disini Untuk Fakultas Seni Rupa

Catatan:

  • Sebelum melakukan pembayaran biaya pendaftaran harap pastikan persyaratan pendaftaran Anda telah memenuhi syarat.
  • Sebelum mendaftar pastikan alamat email yang Anda gunakan aktif.
  • 1 (satu) Nomor Induk Kependudukan/NIK hanya bisa digunakan mendaftar mahasiswa baru satu kali.
  • Jika notifikasi email pendaftaran tidak ada di inbox Anda, coba periksa di spam atau trash
  • Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan.

Berikut ini adalah informasi persyaratan Pascasarjana

Calon mahasiswa yang dapat diterima sebagai mahasiswa Sekolah Pascasarjana harus memenuhi persyaratan sebagai  berikut:

  1. Mengunggah fotokopi ijazah dan transkrip akademik S-1 (atau setara) yang telah dilegalisasi (2 rangkap)
  2. Membayar biaya pendaftaran
  3. Mengunggah Pasfoto berwarna  3 x 4 (2 lembar)
  4. Mengunggah Sertifikat TOEFL (dengan nilai minimum 450)
  5. Menyerahkan proposal proyeksi tugas akhir penciptaan atau pengkajian
  6. Menandatangani surat kesanggupan membayar biaya kuliah (bermeterai Rp 6.000) dan kesanggupan mengikuti kuliah sesuai ketentuan dan tata tertib yang berlaku
  7. Membuat esai yang menggambarkan minat calon mahasiswa dengan isi: alasan memilih Pascasarjana IKJ, Tugas akhir yang akan dibuat (Penciptaan/ Pengkajian Seni), Karya/Kajian yang diminati/dikembangkan, rencana tugas akhir ide/masalah kesenian yang akan dikerjakan
  8. Untuk calon mahasiswa yang berasal dari sekolah internasional, surat penyetaraan ijazah yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia
  9. Lulus Seleksi Masuk: Tes Tertulis dan Tes Wawancara