Informasi Persyaratan

Silahkan pilih informasi persyaratan dari fakultas di bawah ini :

Berikut ini adalah informasi persyaratan Film dan Televisi

A. MAHASISWA BARU (REGULER S.1 DAN D-III)

  • SYARAT PENDAFTARAN YANG HARUS DI UPLOAD KETIKA DAFTAR ONLINE:
  1. Ijazah SLTA/sederajat yang dilegalisir. Catatan: a) Bagi Siswa yang ijazahnya belum keluar dapat meng upload hasil Kelululusan Ujian Nasional atau Surat Keterangan Lulus dari Sekolah Asal, b) Bagi Siswa yang masih duduk dikelas 12 dapat meng upload Surat Keterangan dari sekolah yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan merupakan siswa disekolah tersebut)
  2. Pas foto berwarna ukuran 3x4 (Background Foto Warna Merah)
  3. Akte Kelahiran
  4. Kartu Keluarga
  5. Bukti Bayar Biaya Formulir (Bukti Transfer atau Slip Setoran Tunai)

 

  • SYARAT PENDAFTARAN YANG HARUS DIKIRIM DENGAN EKSPEDISI KE BAGIAN PENDAFTARAN AKADEMIK FFTV-IKJ PALING LAMBAT 7 HARI SETELAH DINYATAKAN LULUS:
  1. Menyerahkan photo copy Ijazah SLTA/sederajat dan daftar nilai masing-masing rangkap 2 (dua) yang  telah dilegalisir oleh sekolah. Catatan : a) Bagi Siswa yang ijazahnya belum keluar dapat menyerahkan hasil Kelululusan Ujian Nasional atau Surat Keterangan Lulus dari Sekolah Asal, b) Bagi Siswa yang masih duduk dikelas 12 bisa menyerahkan Surat Keterangan dari sekolah yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan merupakan siswa disekolah tersebut)
  2. Menyerahkan Pas foto berwarna ukuran 3x4 = 2 lembar. (Background Foto Warna Merah)
  3. Menyerahkan SKCK dari pihak Kepolisian (asli dan photo copy sebanyak 1 lembar)
  4. Menyerahkan Surat keterangan berbadan sehat dari RSUD (Aslí)
  5. Menyerahkan Surat keterangan bebas Narkotika dari BNN/RSKO Jakarta/RS. Fatmawati. Bagi calon mahasiswa luar Jabodetabek dapat melakukan pemeriksaan di BNND atau RSUD setempat (Asli)
  6. Menyerahkan sertifikat/surat hasil psikotes dari lembaga Psikologi (Tes Minat Bakat untuk masuk Perguruan Tinggi)
  7. Menyerahkan photo copy KTP orang tua/wali (ayah/ibu) masing-masing 1 lembar.
  8. Menyerahkan photo copy Kartu Keluarga sebanyak 2 lembar.
  9. Menyerahkan photo copy Akte Kelahiran sebanyak 2 lembar.
  10. Menyerahkan Photo copy nilai Raport dari kelas 10-12.
  11. Menyerahkan surat pernyataan bermaterai Rp. 10.000,- dari orang tua/wali mengenai kesanggupan membayar biaya kuliah. Unduh Form Disini Untuk Fakultas FFTV
  12. Menyerahkan surat pernyataan bermaterai Rp. 10.000,- mengenai kesediaan menerima sanksi drop out apabila terbukti menggunakan Narkoba. Unduh Form Disini Untuk Fakultas FFTV
  13. Berkas-berkas dikirim ke: Bagian Akademik FFTV-IKJ Jalan Cikini Raya No. 73, Taman Ismail Marzuki (TIM). Cikini-Menteng. DKI Jakarta 10330 

 

Catatan:

Peserta diwajibkan mengupload salah satu baik Karya Film dalam format MOV/Mp4, Karya Tulis berupa Naskah Skenario, Cerpen, Buku/Novel, Tulisan disurat kabar dan 3 buah Karya Foto (objek berbeda) dalam format /RAW/JPEG highress melalui link google drive:

https://drive.google.com/drive/folders/1O6JW8c7NmBPSPgzcCqhA0a0xEpVw54Qi?usp=sharing

dengan nama file: NAMA_NOREGISTRASI_GELOMBANGPENDAFTARAN 

Contoh: ASEPKOMARUDIN_12110001_GELOMBANG1

 

B. MAHASISWA ALIH JENJANG (D-III Lanjut S.1, Internal FFTV-IKJ dan Eksternal FFTV-IKJ)

  •  SYARAT PENDAFTARAN YANG HARUS DI UPLOAD KETIKA DAFTAR ONLINE:
  1. Ijazah D-III Perguruan Tinggi Asal
  2. Transkrip nilai D-III (Transkrip yang ada kode Mata Kuliah asal)
  3. Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi Asal (Akreditasi Minimal B)
  4. Pas foto berwarna ukuran 3x4 (Background Foto Warna Merah)
  5. Akte Kelahiran
  6. Kartu Keluarga
  7. Bukti Bayar Biaya Formulir (Bukti Transfer atau Slip Setoran Tunai) 

 

  • SYARAT PENDAFTARAN YANG HARUS DIKIRIM DENGAN EKSPEDISI KE BAGIAN PENDAFTARAN AKADEMIK FFTV-IKJ PALING LAMBAT 7 HARI SETELAH DINYATAKAN LULUS:
  1. Transkrip nilai D-III (Transkrip yang ada kode Mata Kuliah asal), dilegalisir/cap basah.
  2. Pas foto berwarna ukuran 3x4 = 2 lembar (Background Foto Warna Merah)
  3. SKCK dari pihak Kepolisian (asli dan photo copy sebanyak 1 lembar)
  4. Surat keterangan berbadan sehat dari RSUD (Asli)
  5. Menyerahkan Surat keterangan bebas Narkotika dari BNN/RSKO Jakarta/RS. Fatmawati. Bagi calon mahasiswa luar Jabodetabek dapat melakukan pemeriksaan di BNND atau RSUD setempat (Asli)
  6. Menyerahkan sertifikat/surat hasil psikotes dari lembaga Psikologi (Tes Minat Bakat untuk masuk Perguruan Tinggi)
  7. Photo copy KTP orang tua/wali (ayah/ibu) masing-masing 1 lembar.
  8. Akreditasi minimal B, dengan melampirkan Surat keterangan atau foto copy sertifikat nilai Akreditasi dari BAN PT.
  9. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 (Alumni FFTV). Non Alumni FFTV IPK minimal 3.50.
  10. Menyerahkan photo copy Kartu Keluarga sebanyak 2 lembar.
  11. Menyerahkan photo copy Akte Kelahiran sebanyak 2 lembar.
  12. Menyerahkan surat pernyataan bermaterai Rp. 10.000,- dari orang tua/wali mengenai kesanggupan membayar biaya kuliah. Unduh Form Disini Untuk Fakultas FFTV
  13. Menyerahkan surat pernyataan bermaterai Rp. 10.000,- mengenai kesediaan menerima sanksi drop out apabila terbukti menggunakan Narkoba. Unduh Form Disini Untuk Fakultas FFTV
  14. Berkas-berkas dikirim ke: Bagian Akademik FFTV-IKJ Jalan Cikini Raya No. 73, Taman Ismail Marzuki (TIM). Cikini-Menteng. DKI Jakarta 10330 

 

Catatan:

Peserta diwajibkan mengupload salah satu baik Karya film dalam format MOV/Mp4, Karya Tulis berupa Naskah Skenario, Cerpen, Buku/Novel, Tulisan disurat kabar dan 3 buah Karya Foto (objek berbeda) dalam format /RAW/JPEG highress melalui link google drive:

https://drive.google.com/drive/folders/1O6JW8c7NmBPSPgzcCqhA0a0xEpVw54Qi?usp=sharing

dengan nama file: NAMA_NOREGISTRASI_GELOMBANGPENDAFTARAN 

Contoh: ASEPKOMARUDIN_12110001_GELOMBANG1

 

INFORMASI LENGKAP DAPAT DILIHAT PADA E-BROSUR DI BAWAH INI:

DOWNLOAD E-BROSUR

Phone (WA) : 0812-8218-1030

Email : pmbfftv@ikj.ac.id

Berikut ini adalah informasi persyaratan Seni Pertunjukan

SYARAT PENDAFTARAN MAHASISWA REGULER :

  1. Berijasah SMU/Sederajat
  2. Transkrip Nilai yang telah dilegalisir
  3. Pas Photo ukuran 3x4 Background Merah
  4. SKCK dari POLRI
  5. Surat Keterangan sehat dari dokter
  6. Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit
  7. Kartu Keluarga
  8. Akta Lahir

SYARAT PENDAFTARAN MAHASISWA PINDAHAN/ALIH JENJANG :

    1. Berijasah SMU/Sederajat
    2. Pas Photo ukuran 3x4 Background Putih
    3. Kartu Keluarga
    4. Akta Lahir
    5. Surat Keterangan Pemutihan dari Program Studi/ Universitas
    6. Transkrip Nilai Pendidikan Terakhir (Diserahkan ke Bagian Akademik FSP & Dikirim Ke Email Akademikfsp@ikj.ac.id)

    INFORMASI & HOTLINE : 

    • Email : infofsp@ikj.ac.id 
    • Informasi PMB Melalui Whatsapp   : +62 858-9000-1353 ( Prodi Musik Only )
    • Informasi PMB Melalui Whatsapp : +62 812-8977-8066 ( Prodi Teater, Tari, Etnomusikologi )

    Berikut ini adalah informasi persyaratan Seni Rupa

    Persyaratan Pendaftaran Mahasiswa Baru Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta

    • Berijazah SMU/sederajat
    • 1 lembar fotokopi ijazah yang dilegalisir (bisa disusulkan jika belum keluar dari sekolah asal)
    • 1 lembar fotokopi Kartu Keluarga
    • 1 lembar fotokopi Akte Lahir
    • Surat keterangan tidak buta warna (menyusul)
    • Pas Foto (Formal dan Background warna Merah) untuk di upload di siak PMB IKJ
    • Surat penyetaraan ijazah yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS) Republik Indonesia bagi calon mahasiswa yang berasal dari sekolah internasional
    • Surat pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- dari orang tua/wali mengenai kesanggupan membayar biaya kuliah. Unduh Form Disini Untuk Fakultas Seni Rupa
    • Surat pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- mengenai kesediaan menerima sanksi drop out apabila terbukti menggunakan Narkoba. Unduh Form Disini Untuk Fakultas Seni Rupa

    Catatan:

    • Sebelum melakukan pembayaran biaya pendaftaran harap pastikan persyaratan pendaftaran Anda telah memenuhi syarat.
    • Sebelum mendaftar pastikan alamat email yang Anda gunakan aktif.
    • 1 (satu) Nomor Induk Kependudukan/NIK hanya bisa digunakan mendaftar mahasiswa baru satu kali.
    • Jika notifikasi email pendaftaran tidak ada di inbox Anda, coba periksa di spam atau trash
    • Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan.

    Berikut ini adalah informasi persyaratan Pascasarjana

    Persyaratan Administratif

    Calon mahasiswa yang dapat diterima sebagai mahasiswa Sekolah Pascasarjana harus memenuhi persyaratan sebagai  berikut:

    1. Mengunggah fotokopi ijazah dan transkrip akademik S-1 (atau setara) yang telah dilegalisasi (2 rangkap).
    2. Membayar biaya pendaftaran.
    3. Mengunggah Pasfoto berwarna  3 x 4 (2 lembar).
    4. Mengunggah Sertifikat TOEFL (dengan nilai minimum 450).
    5. Menandatangani surat kesanggupan membayar biaya kuliah (bermeterai Rp 6.000) dan kesanggupan mengikuti kuliah sesuai ketentuan dan tata tertib yang berlaku.(Surat Pernyataan Jaminan Pembayaran Kuliah)
    6. Untuk calon mahasiswa yang berasal dari sekolah internasional, melampirkan surat penyetaraan ijazah yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

    Persyaratan Akademik

    1. Menyerahkan proposal proyeksi tugas akhir penciptaan atau pengkajian.
    2. Membuat esai yang menggambarkan minat calon mahasiswa dengan isi: alasan memilih Pascasarjan IKJ, Tugas akhir yang akan dibuat Penciptaan/Pengkajian Seni, Karya/Kajian yang diminati/dikembangkan, rencana tugas akhir ide/masalah kesenian yang akan dikerjakan.
    3. Menyerahkan contoh karya atau tulisan dua tahun terakhir.
    4. Lulus Seleksi Masuk: Tes Tertulis dan Tes Wawancara.