Image News

Informasi dan Syarat Pendaftaran PMB Sekolah Pascasarjana IKJ

Calon mahasiswa Sekolah Pascasarjana harus memenuhi persyaratan sebagai  berikut:

I. Persyaratan Administrasi

1.    Mengunggah fotokopi ijazah dan transkrip akademik S-1 (atau setara) yang telah dilegalisasi (2 rangkap).

2.    Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000.

3.    Mengunggah Pasfoto terbaru berwarna  3 x 4.

4.    Mengunggah e-KTP.

5.    Menandatangani surat kesanggupan membayar biaya kuliah (bermeterai Rp.10.000) dan kesanggupan untuk mengikuti kuliah sesuai ketentuan dan tata tertib             yang berlaku.

6.    Untuk calon mahasiswa yang berasal dari sekolah internasional, surat penyertaan ijazah yang dikeluarkan oleh KEMENDIKBUDRISTEK                                                                 (https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/);

 

II. Persyaratan Akademik

1.  Menyerahkan usulan proposal tugas akhir berdasarkan peminatan yang dipilih. Proposal ditulis dalam 2000 kata.

2.  Menyerahkan contoh karya (bagi Peminatan Penciptaan Seni) atau tulisan (bagi Peminatan Pengkajian dan Tata Kelola Seni) sepanjang dua tahun terakhir.

 

Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru

I. Gelombang I

   Pendaftaran                             : 8 Januari – 10 Maret 2024

   Ujian Masuk                              : 13 Maret 2024

   Pengumuman Hasil Ujian      : 20 Maret 2024

II. Gelombang II

    Pendaftaran                            : 11 Maret – 26 Mei 2024

    Ujian Masuk                             : 29 Mei 2024

    Pengumuman Hasil Ujian    : 5 Juni 2024

III. Gelombang III

    Pendaftaran                            : 27 Mei – 4 Agustus 2024

    Ujian Masuk:                            : 7 Agustus 2024

    Pengumuman Hasil Ujian    : 14 Agustus 2024

  

Biaya Pendidikan

Biaya Formulir Pendaftaran

Rp 500.000

Uang Pangkal (dibayar 1 kali ketika pendaftaran ulang)

Rp 6.500.000

Uang Kuliah (Semester Gasal & Genap 2024/2025)

Rp 14.000.000/semester

 

Seleksi Penerimaan

Seleksi dilakukan Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru, yang terdiri atas Ketua Program Studi, Direktur, serta beberapa Dosen Tetap.

Seleksi dilakukan berdasarkan:

  1. Ujian Wawancara.
  2. Kelengkapan persyaratan-persyaratan akademik dan administrasi.

Seleksi calon mahasiswa dilakukan sesuai dengan waktu yang dijadwalkan. Hasil seleksi dilaporkan kepada Direktur Program Pascasarjana yang mencakup nama-nama yang diterima maupun yang tidak diterima. Pengumuman hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru Pascasarjana IKJ dilakukan secara tertulis melalui surat elektronik.

Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru

Mahasiswa baru yang lulus seleksi penerimaan diwajibkan mendaftar sesuai jadwal. Mahasiswa yang tidak melakukan pendaftaran ulang sampai batas waktu yang ditentukan dianggap mengundurkan diri. Ketika mendaftar membawa/mengirimkan bukti sebagai berikut:

  1. Surat Keputusan Diterima (SKD) yang dikirim lewat surat elektronik (dicetak).
  2. Sudah melunasi kewajiban keuangan (Uang Pangkal dan Biaya Kuliah).

Tutorial alur pendaftaran mahasiswa baru online bisa di klik di sini:

Video Alur PMB

 

Syarat Pendaftaran PMB untuk Mahasiswa Asing

Pelayanan izin belajar bagi mahasiswa asing telah disediakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Persyaratan dan dokumen terkait dengan izin belajar untuk mahasiswa asing bisa dibuka di tautan di bawah ini:

https://izinbelajar.kemdikbud.go.id/

 

Info selengkapnya bisa dilihat di: www.pascasarjanaikj.ac.id

Pertanyaan tentang PMB Sekolah Pascasarjana IKJ bisa kirim email ke: infopasca@ikj.ac.id atau WhatsApp di no. 0878-1112-4700 (jam kerja).

11 Januari 2022, 12:49:49
Butuh Bantuan? Hubungi Kami!